Diberdayakan oleh Blogger.

Search

Software Terbaru

TRIK DESAIN SEPTICTANK

Di posting kali ini Pelangi Jaya akan berbagi tips mendesain septic tank.

  Sistem tangki kotoran (septic tank) adalah metode standar untuk penampungan limbah manusia. di daerah pinggiran kota atau pedesaan. yang mana desain sangat di perlukan agar tidak mencemari sumber air tanah yang kita konsumsi.

Desain paling sederhana dari sistem septic tank, Bagian dari septic tank terdiri dari sebuah lubang di tanah di mana limbah produksi kita di tampung. Beberapa persentase padatan akan di urai di lubang cess dan lama kelaman akan terjadi penumpukan endapan padat, dan cairan yang tersisa merembes keluar ke tanah.

Sebelum kita membikin atau membuat septic tank baru yang perlu anda perhatikan adalah. besar ukuran pipa PVC yang akan di pakai saluaran dari kloset menuju bak kotoran(septic tank). Hal ini sangat penting untuk menghindari terjadinya wc macet atau tersumbat, jadi pipa PVC yang harus kita gunakan minimal diameternya 6"- inch. semakin besar diameter pipa PVC, maka semakin bagus agar tidak terjadi penyumbatan atau wc buntu.

Jarak elevasi antara permukaan air kloset (U water trap)dan bak kotoran (septic tank) minimal 30 cm, semakin tinggi jaraknya berarti semakin lancar kotoran masuk kedalam septic tank . dan hal lain yang perlu di perhatikan adalah saluran pipa PVC dari kloset menuju bak kotoran jangan ada pembelokan atau memakai lebih dari 1 elbow(knee). Ini sangat penting untuk menghindari saluaran wc jadi macet!.

Faktor lain juga harus anda perhatikan masalah sumber air tanah, jika anda mengkonsumsi dari sumber air tanah atau air sumur. jarak ideal antara sumur dan septic tank minimal adalah 10 meter (ukuran ini cocok untuk daerah pedesaan). namun di saat ini utuk daerah perkotaan atau pinggiran kota sangatlah tidak mungkin untuk mencapai jarak 10 meter. Jadi solusinya adalah usahakan jangan mengkonsumsi sumber air tanah di daerah perkotaan karena padatnya pemukiman hingga sumber air tanah sudah tidak layak konsumsi.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori sedot wc surabaya dengan judul TRIK DESAIN SEPTICTANK. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sedotwc-surabaya2.blogspot.com/2012/08/trik-desain-septictank.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: mahfud muhamad - Sabtu, 11 Agustus 2012